Mandiri dalam Kemerdekaan - Kupang Indie Music
Waspadai pengaruh Barat, Timur Tengah (Arab), Asia Timur (Cina), Asia Selatan (India) dlsb
Sudah saatnya kita menggali kembali EKSISTENSI BUDAYA BANGSA KITA SENDIRI (SS)

Wanita Cantik di Mata Pria

Wanita Cantik di Mata Pria
Wanita-wanita Berparas Menawan Hati

News

Back to Indie Music Indonesia

The Tielman Brothers Band

Ilustrasi
The Tielman Brothers dinobatkan sebagai grup musik tertua asal Indonesia, dengan mengusung musik bergenre rock and roll, namun orang-orang di Belanda menyebutnya sebagai Indorock, dimana musikalitasnya adalah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, yang juga memiliki akar musick Keroncong.
Keluarga Andy Tielman yang berasal dari Timor, saat masih kecil nama band mereka The Timor Tielman Brothers. The Tielman Brothers adalah band anak-anak Indonesia yang kala itu menetap di Belanda, dan band pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Boleh dikatakan bahwa mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.

Anggota Band adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess, olehkarenanya tidak heran jika mereka pernah diundang untuk tampil di Istana Negara Jakarta dihadapan Presiden Soekarno.

Karier rekaman mereka dimulai saat keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. 

Tidak perlu dibuktikan The Tielman Brothers (Lahir Tahun 1945) dan Beatles (Lahir Tahun 1960), memperkenalkan memperkenalkan musik beraliran rock lebih dahulu dari The Beatles. 

Karir musik The Tielman Brothers dimulai di Surabaya pada tahun 1945, di mana empat kakak beradik laki-laki, dan seorang adik perempuannya, Jane, sering tampil membawakan lagu-lagu dan tarian daerah. Kemampuan musik mereka diturunkan dari sang ayah (Herman Tielman), seorang kapten tentara KNIL yang sering bermain musik bersama teman-temannya di rumahnya di Surabaya.

Sekali lagi, orang NTT memiliki darah seni musik yang tinggi, sehingga tidak mengherankan, kalau Tielman Brothers sangat dimungkinkan sebagai pencetus Rock and Roll.

Beranjak juga dari aliran Hip Hop, yang notabene berasal dari Nusa Tenggara Timur. 

Bagi penghianat Bangsa pasti tidak setuju jika saya katakan, bahwa aliran Hip Hop berasal dari NTT. Seperti halnya Blues sebagai cikal bakal musik Jazz, adalah dari Afrika, yang tadinya irama Blues adalah irama ritualnya orang Afrika, yang dimodifikasi oleh orang-orang Amerika. Maka Hip Hop adalah irama ritualnya Leluhur Orang NTT, yang dimodifikasi oleh orang-orang Amerika.
Labels: Rock and Roll

Thanks for reading The Tielman Brothers Band. Please share...!

Wanita Cerdas Hormati Pria Berpengetahuan Luas

Wanita Cerdas Hormati Pria Berpengetahuan Luas
Jendela Nusantara

Proud to be Indonesia

Proud to be Indonesia
Back to Local Wisdom
Back To Top